Sunday 1 December 2013

Masa SMA VS Masa Kuliah



          Diantara kita semua yang saat ini sedang mengenyam pendidikan di bangku kuliah pasti pernah merasakan masa-masa menyenangkan di SMA. Yahh, masa SMA memang menyenangkan. Masa teridah yang gak bakal saya dan kita lupain. Mungkin mereka yang saat ini masih sekolah mengira kalau kuliah itu menyenangkan. Gak ada belajar dari pagi sampai sore, gak ada tugas atau pun PR, gak ada peraturan yang ketat, asik bisa pake pakaian bebas, kalau terlambat gak bakal dikunci pagar atau kena sanksi, dan lain-lainlah yang tak bakal mengekang lagi.
Tapi kenyataannya kuliah itu 180° beda banget dengan yang dibayangin waktu masih SMA. Kuliah itu semuanya tergantung diri sendiri, mau hadir kuliah atau gak, mau buat tugas atau gak, mereka akan diam aja, gak bakal ada yang larang. Tapi resikonya nilai yang akan terancam.
Saat ini saya benar-benar merindukan asiknya masa SMA itu. Masa dimana masih banyak waktu bermain dengan teman-teman disekolah, ngumpul saat tak ada pelajaran, tidur dikelas saat tak ada guru, pokoknya seru banget deh. Namun di bangku kuliah ini semua jelas tak ditemukan lagi. Masuk lokal cuma saat dosen masuk saja, gak ada dosen ya pada bubar ataupun pulang.
Jika saat SMA ada tugas tak ngerjain sang guru pasti negur. Gak bisa ngerjain soal atau belum paham pasti guru nerangin lagi sampai kita bener-bener paham. Nah, di bangku kuliah kalo gak mau ngerjain tugas ya siap-siap aja dapat nilai D ata E. Gak paham?? Cari aja bahannya sendiri, di pustaka atau diinternet banyak. Kuliah ini kita dituntut semuanya serba sendiri. Bukan mereka tak peduli, tapi begitulah keadaannya.
Jarang ditemukan dosen yang menasehati mahasiswanya, mungkin bisa dikatakan tidak ada. Jika jumpa dijalan jangankan tau nama, kenal muka mahasiswanya saja mungkin gak. Jadi mahasiswa itu bisa dikatakan kurang perhatian. Intinya kuliah itu adalah proses pendewasaan, namun prosesnya gak semudah membalikkan telapak tangan. Bagaimana kita membuat sebuah pilihan, bagaimana kita menentukan keputusan, semua itu adalah proses pendewasaan.
Jadi bagaimana pun juga masa SMA adalah masa terindah yang gak bakal saya lupain. Rindu rasanya memakai seragam sekolah, rindu saat upacara bendera, rindu saat senam pagi, rindu jam istirahat, rindu guru-guru  yang sangat baik, rindu teman-teman seperjuangan, rindu sekolah tercinta SMA N 2 Rambah Hilir (Berwawasan Keunggulan) Rokan Hulu.
SMA N 2 Rambah Hilir, bagaimana pun juga engkau bukan hanya saksi bisu dari perjalanan kami, tapi engkau juga tiang penuntun keberhasilan kami, Amiin.

2 comments:

  1. di kuliah tdk lagi spt anak kecil yg apa2 hrs dituntun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, namun rindu masa putih abu-abu tetap lah ada

      Delete