Saturday 7 October 2017

Sambal Kokek Asam Durian, Kuliner Rokan Hulu Yang Menggoda



Jika kamu mengunjungi Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Rokan Hulu tidak lengkap rasanya jika kamu tidak mencicipi salah satu masakan khasnya. Salah satunya adalah sambal kokek asam durian. Mungkin bagi yang masih bertanya-tanya asam durian itu apa? Asam durian atau ditempat lain sering disebut dengan tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi

Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma durian yang menyengat. Selain itu, tempoyak dijadikan bumbu masakan. Citarasa dari tempoyak adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya.
 
Nah kali ini kita akan membahas tentang sambal kokek asam durian dan proses pembuatannya. Namun sebenarnya selain dijadikan sambal, kokek ini juga bisa dimasak menjadi gulai. Di rokan Hulu gulai ini disebut gulai kokek asam durian. Mungkin ditulisan berikutnya akan aku bahas tentang gulai kokek asam durian. Berikut adalah cara membuat sambal kokek asam durian khas Rokan Hulu untuk 5 porsi:

Bahan : 
  1.  100 gr cabe
  2.  4-5 sendok makan kokek asam durian (Di Riau khususnya Rokan Hulu kokek banyak dijual di pasar-pasar)
  3.  buah bawang merah 
  4.  1 gelas santan kelapa
  5.  4 lonjor petai, (sesuai selera) 
  6.  secukupnya Garam 
Langkah pembuatan
  1.  Haluskan cabe, garam, dan bawang.
  2.  Kemudian masak santan, cabe dan asam durian, masak sampai mendidih sambil diaduk.
  3.  Kalau sudah hampir kering,masukkan ikan teri dan petai yang sudah dikupas.
  4.  Masak hingga kering.
  5.  Sambal kokek durian siap dihidangkan.


No comments:

Post a Comment