Saturday 12 November 2016

Sejarah Nama Pasir Pengaraian

Sekitar tahun 1901 Pasir Pengaraian mulai diketahui orang. Pasir Pengaraian adalah Ibukota Kecamatan Rambah sekaligus Ibukota Kabupaten Rokan Hulu. Pada tahun 1899 terjadi bencana alam di Negeri Rambah yaitu kelaparan dan penyakit sehingga masyarakat sekitar banyak meninggal dan juga sakit – sakitan. Dahulu orang daerah ini berladang dari Rambah membawa keluarga mereka dengan bekal sedikit untuk mengelilingi Sungai Rokan Kanan atau yang lebih dikenal dalam bahasa melayu Rambah yang disebut dengan Sungai Batang Lubuh. 
Sungai ini dahulu sebagai urat nadi perekonomian masyarakat Rambah, yang digunakan sebagai sarana transportasi sebelum di bukanya akses jalur darat. Karena di Sungai Batang Lubuh ini banyak mengandung emas, yang di bawa dari hulu sungai yang  bercampur dengan pasir maupun yang di bawa langsung oleh arus sungai yang deras. Menurut cerita masyarakat yang tinggal di tepian sungai Batang Lubuh selama puluhan tahun dan beberapa saksi yang mengatakan bahwa pada akhir tahun 1970 samapai awal tahun 1980-an, sebagian masyarakat masih ada yang menambang emas secara tradisional di Sungai Rokan kanan.
Adapun alat yang digunakan adalah semacam saringan yang berlobang kecil yang berguna untuk memisahkan antara pasir dan partikel emas yang terbilang kecil. Dalam bahasa melayu Rambah di sebut ayakan, adapun teknik yang digunakan disebut pengiraian. Setelah sekian lama aktifitas penambangan tradisional ini berlangsung, akhirnya emas yang ada di sungai Batang  Lubuh ini perlahan susah untuk di temukan, atau dalam bahasa melayu rokan berarti olah habih (sudah habis). 
Akhirnya yang ada hanya pasir saja yang ditemukan di tempat pengiraian tambang emas milik masyarakat. Unding punya unding akhirnya masyarakat sekitar sepakat memberi nama daerah ini Pasir Pengiraian. Nama ini bertahan cukup lama dan akhirnya nama tersebut disempurnakan dengan nama PASIR PENGARAIAN sampai sekarang. Pasir Pengaraian saat ini sudah menjelma menjadi kota yang indah dan berkembang menjadi Ibukota Kabupaten Rokan Hulu.
Berikut merupakan foto-foto sudut Kota Pasir Pengaraian.
Hotel Sapadia, Salah satu hotel di Kota Pasir Pengaraian
Gerbang Komplek Perkantoran Rokan Hulu Di Kota Pasir Pengaraian dengan jalan sangat lebar
Bandara Tuanku Tambusai
Masjid Agung Madani Islamic Centre Pasir Pengaraian yang menjadi ikon Kota Pasir Pengaraian
Kantor Bupati Rokan Hulu di Kota Pasir Pengaraian dengan halaman super luas
Pasar Modern pertama di Kota Pasir Pengaraian
Tugu Ratik Togak di bundaran Kota Pasir Pengaraian


Sumber:

No comments:

Post a Comment