Thursday 4 July 2013

Air Panas Pawan


Sumber Air Pawan terletak di Desa Pawan sekitar 9 km dari Pasir Pengaraian. Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor roda empat dan roda dua. Tempat ini sangat diminati oleh wisatawan dengan dua keunikan karena ada dua sumber air panas dari gejala post vulkanis yang masing-masing sumber berbeda panas airnya nya.
Suhu sisi kiri mencapai 600 derajat celcius dan sisi kanan antara 480_550 derajat Celcius yang disalurkan ke beberapa pancuran yang jatuh di tepi sungai kecil yang airnya dingin dan jernih dengan suhu 200 C sampai dengan 250 C. Tempat ini baik untuk wisata kesehatan sambil berekreasi dengan keluarga di dukung oleh kondisi alam yang asri.
Keunikan sumber air Pawan ini adalah adanya dua sumber air panas dari gejala post vulkanis yang masing-masing sumber berbeda panas airnya (Suhu sisi kiri 600oC dengan debit air 7200 ml/dtk, sisi kanan 480-580oC dengan debit air 1800 ml/dtk), yang disalurkan ke beberapa pancuran yang jatuh di tepi sungai kecil yang airnya dingin dan bersih lagi jernih dengan suhu 200-250oC.
Untuk menuju ke lokasi ini mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, dan uniknya becak jerman pun dapat melayani trayek langsung ke lokasi.
Fasilitas yang tersedia disini selain tempat parkir yang luas tersedia pula areal tempat berkemah.



No comments:

Post a Comment