Sunday 17 November 2013

Saya Resmi Bertitel Mahasiswa


Mungkin seharusnya tulisan ini saya tulis dua tahun yang lalu, yakni tepat tanggal 15 agustus 2011. Ada apa dengan tanggal tersebut?? Mungkin tak ada istimewanya bagi teman-teman, namun sangat penting bagi saya. Kenapa?? Tentu saja sangat penting bagi saya, soalnya pada hari itu saya resmi jadi mahasiswa Universitas Islam Riau.
Saat itu pagi kira-kira pukul 06.30 saya berangkat menuju kampus UIR. Bertepatan saat itu adalah bulan ramadhan. Masih cukup pagi sih sebenarnya, maklumlah mahasiswa baru, jadi masih rajin-rajinnya. Namun sesampainya di kampus ternyata sudah sangat ramai. Memang pada hari itu seluruh mahasiswa baru dikumpulkan, tepatnya di stadion mini Universitas Islam Riau.

mahasiswa dikumpulkan di stadion mini UIR
Sekitar enam ribuan mahasiswa dikumpulkan di stadion tersebut. Seluruhnya memakai pakaian putih dan celana/rok hitam, serta memakai baju almamater kebanggaan Universitas Islam Riau berwarna biru. Seru juga ngeliatnya, nampak kompak. Saya yang jurusan Teknik Sipil berbaris di barisan Fakultas Teknik. Mahasiswa di Fakultas Teknik ini ternyata sangat kompak. Mungkin karena dominan mahasiswa dari pada mahasiswi. Sehingga sangat keras saat teriak yel-yel.
Namun pada hari itu tidak banyak yang dilakukan di lapangan stadion tersebut, soalnya lagi bulan puasa. Jadi dari jam 07.00 sampai sekitar jam 10.00 kami hanya mendengarkan ceramah-ceramah dari Rektor, para dekan masing-masing fakultas serta organisasi-organisasi yang ada di lingkup universitas saja.
Setelah itu barulah kami diarahkan ke fakultas masing-masing. Singkat cerita kami diarahkan menuju Fakultas Teknik dan didampingi oleh pengurus BEM Teknik. Kemudian kami dibariskan di lapangan teknik. Disini kami juga diberi pengarahan oleh pihak fakultas. Mulai dari sambutan Dekan, Dosen dan juga organisasi yang ada di Fakultas Teknik. Intinya mereka memperkenalkan apa yang ada di Fakultas Teknik. Sehingga dari situ saya mendapatkan pengetahuan dan semangat baru tentang dunia teknik yang sebenarnya.

Suasana saat berkumpul di lapangan Fakultas Teknik
Di hari-hari pertama perkuliahan saya mendapatkan banyak teman baru dari berbagai daerah. Tentunya juga mendapatkan pengalaman baru. Dan yang terpenting impian saya menjadi seorang mahasiswa teknik terwujud. Semoga saya slalu diberi kemudahan dalam menyelesaikan study saya ini. Amiinn.


By: Arda Dwi Cahyo Ruspianof

2 comments: